Jumat, 14 September 2012

tips agar printer tetap awet

jadi untuk itu kita harus bisa merawat printer kita dengan benar,merawat printer ternyata caranya mudah sekali,hanya di butuhkan beberapa menit tiap minggunya,dan printer kamu akan terhindar dari masalah-masalah kerusakan printer.
merawat printer tidaklah sesulit kedengarannya,dan kalo perawatannya kita lakukan dengan benar,maka umur printer akan bertambah.berikut tips merawat printer:khususnya printer inkjet yang umum digunakan.
  • jaga kebersihan printer                                                                                                                agar umur printer lebih panjang,tentunya kita harus rajin-rajin membersihkannya,bershikan bodi printer yang kotor dengan kuas atau kain.printer harus dalam kondisi mati saat kita membersihkannya.
  • printer jangan nganggur                                                                                                            jangan sampai printer kita tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama.paling tidak,2 hari sekali printer digunakan untuk mencetak,tidak hanya warna hitam,tapi semua warna.hal ini dilakukan untuk mencegah tinta mengering dan mengumpal di head printer.
  • jangan mencetak dengan kertas rusak/kotor                                                                        selalu gunakan kertas masih layak digunakan   ( tidak lecek/kotor).karena kertas lecek tersangkut,atau sering kita dengar istilah"paper jam".pastikan juga kertas yang kita gunakan adalah kertas yang bersih,karena kalo kertas kotor,kotoran tersebut dapat menempel di head printer,yang menyebabkan tinta menjadi macet.
  • jangan biarkan cartridge kosong                                                                                              jangan sampai cartridge benar-benar kosong.segera isi ulang kalo tinta di dalam cartidge mulia kosong.tips ini berlaku untuk yang menggunakan tinta isi ulang.  
  • jangan pernah sentuh pin cmos                                                                                          karena pin ini akan rusak kalo kena listrik static dari tubuh  kita.kalo benar-benar diperhatikan,pin ini sudah diberi tanda tangan yang di silang,yang artinya tidak boleh disentuh.
  • jangan sembarangan matikan printer                                                                   mematikan printer harus sesuai dengan aturan,yaitu:menekan tombol off barulah mencabut kabel yang terhubung dengan listrik.jangan langsung mencabut kabel listriknya,kalo hal ini sering dilakukan,maka bios komputer bisa error,lebih parahnya bios rusak secara fisik.bahaya lainnya adalah saat kita mencabut kabel langsung,posisi head printer saat itu mungkin pada posisi seharusnya.akibatnya,tinta mengendap dan mengering pada head.
  • hindari gonta-ganti merek tinta                                                                                              gunakan tinta dengan merek yang sama dengan tinta yang digunakan sebelumnya.dan kalo memang berniat mengunakan merek baru,pastikan cartridge benar-benar kosong barulah mengisikan tinta dengan merek baru.gonta-ganti merek tinta,dapat menyebabkan tinta,menggumpal di head.                                                                                                                                                                                                                                                                                      

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

 
HEAD LINE NEWS Sidik mantok | zeoniniz.blogspot.com. | SILAHKAN GANTI DENGAN TEXT ANDA