Kamis, 27 September 2012

tips chatting yang bermanfaat

sebenarnya semua orang suadh sepakat dan mengetahui etika chatting(walupun tidak disebutkan secara tertulis).namun belum banyak yag menyadari sepenuhnya untuk mempraktekkannya dengan benar .etika chatting tersebut antara lain,sebagiai berikut.

  1. harus sopan,siapa pun partner chatting,mengenalnya atau tidak,jangan sampai memperlakukan partner chatting dengan tidak sopan,seperti mengetikkan kata-kata kasar ,sara/menyinggung perasaan/tidak pantas lainnya.
  2. jangan memaksakan kehendak,apapun alasan partner chatting sehingga dia tidak mau melayani percakapan dengan mu,harus dihormati dan tidak boleh memaksanya menjawab atau meladani percakapan mu.
  3. harus jujur,usahkan untuk menulis sesuatu apapun dengan jujur(kecuali hal-hal yang menyangkut privasi),karena hal itu akan membuat partner chatting percaya dan menghargaimu.yakinlah bahwa sejelek/seburuk apapun,jika kamu mengatakannya degan jujur,orang lain akan meghargaimu dengan baik.
  4. jagan suka menggaggu dan iseng,walupun pertner chatting terlihat online,belum tentu dia mempunyai waktu untuk melakukan chatting denganmu.mana tahu dia mempunyai pekerjaan yang memerlukan konstrasi.jika demikian,kita tidak boleh mengganggunya /mengisenginya dengan mengetikan ''buzz''terus menerus.
  5. jangan pernah membuat sara,karena hal ini sangat sensitif yang dapat memicu perselisihan dan yakinlah hal ini tidak akan memberi manfaat apa-apa bagi kedua belah pihak.
  6. ucapkan salam,tidak ada buruknya jika ucapkan salam diterapkan pada saat chatting yang justru dapat menambah suasana kekerabatan.pada setiap perjumpaan kamu bisa mengetikkan selamat siang,halo,hai,hi,atau senang bertemu dengan anda lagi,/jika ingin mengakhirinya,bisa mengetik selamat tinggal,bye,sampai ketemu lagi.
  7. jangan menulis dengan huruf besar(kapital)karena hal ini mengandung arti teriakan sehingga dapat membuat partner chatting marah atau tersingggung.
  8. aktifkan status offline,hal ini dapat menjadi alternatif  jika kamu sedang sibuk dan tidak ingin ''digangu''charter lain ,dan ini sah-sah saja.
  9. jangan terlalu banyak membuka dialog pad saat bersamaan,jika kamu tidak ingin dikatakan tidak serius oleh partner chatting-mu,karena kamu harus melayani banyak dialog dengan yang lain.selain itu,jika sembari meyelsaikan tugas pekerjaan,maka akan sangat mengangu kelancaran pekerjaanmu tersebut.
  10. jangan lupa minta izin kepada partner chatting,pada saat kamu ingin meninggalkan komputer,siapa tahu dia sedang menunggu jawaban darimu



































Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

 
HEAD LINE NEWS Sidik mantok | zeoniniz.blogspot.com. | SILAHKAN GANTI DENGAN TEXT ANDA