Rabu, 10 Oktober 2012

sejarah lampu


Thomas Alfa Edison adalah seseorang ilmuan yang jenius yang menemukan dan mempatenkan sekitar 1000 lebih penemuannya di sepanjang hidupnya, salah satunya adalah bola lampu. Di masa kecilnya, Thomas hanya mengikuti sekolah formal selama 3 bulan. Pendidikan lainnya didapat dari ibunya, yang selain mengajarkan pelajaran dasar seperti membaca, menulis dan matematika, juga membacakan banyak sekali buku-buku bermutu.

Berlawanan dengan pendapat umum, Thomas tidak “menciptakan” bola lampu, melainkan menyempurnakan ide berumur 50 tahun. Ide penerangan dengan menggunakan listrik sebenarnya bukan hal yang baru, dan telah diteliti oleh beberapa orang yang bahkan telah mengembangkan beberapa bentuk penerangan listrik. Tetapi sampai saat itu, belum ada yang mengembangkannya menjadi suatu bentuk penerangan yang bisa diletakkan di luar rumah. Pencapaian pertama Edison bukan hanya menciptakan bola lampu tapi juga system penerangan yang dilengkapi dengan elemen2 yang diperlukan agar bola lampu bisa nyala dengan praktis, aman, dan ekonomis. Setelah bekerja selama 1,5 tahun, terciptalah bola lampu yang dapat bertahan selama 13,5 jam.

Kesuksesan ini membuat nama Thomas Edison ketenaran dan kekayaaan, dan pada saat yang sama energy listrik menyebar ke seluruh dunia. Berbagai perusahaan listriknya mulai tumbuh samapi sekitar tahun 1889 mereka digabungkan menjadi Edison General Electric. Meskipun namanya digunakan dalam perusahaan tersebut, dia tidak pernah memimpin perusahaan tersebut.

Karena membutuhkan modal yang sangat banyak untuk mengembangkan perusahaan ini, mereka menggandeng banker seperti J.P. Morgan. Ketika Edison General Electric digabungkan dengan kompetitornya Thompson-Houston di tahun 1892, nama Edison dikeluarkan, menjadi General Electric, atau yang lebih sering dikenal sebagai GE.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

 
HEAD LINE NEWS Sidik mantok | zeoniniz.blogspot.com. | SILAHKAN GANTI DENGAN TEXT ANDA