Sabtu, 13 Oktober 2012

TENTANG PENEMUAN

APA ITU PENEMUAN ?
penemuan adalah proses menciptakan sesuatu yang belum ada sebelumnya.penemuan dapat berupa sebuah perkakas sederhana,suatu proses baru,suatu bahan baru,atau sebuah mesin yang rumit .beberapa penemuan merupakan hasil dari keinginan untuk memenuhi suatu kebutuhan tertentu;lainnya ditemukan secara bertahap.sebagai contoh,sepeda bukan merupakan penemuan tunggal,tetapi gabungan dari beberapa penemuan.
sepeda

bebrapa penemuan,dari yang paling awal (roda) sampai yang paling mutakhir (kerangka komposit),dapat dilihat pada sebuah sepeda modern.

roda
roda pertama kali dibuat dari kayu atau batu,ditemukan oleh orang-orang mesopotamia lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

rantai dan roda gigi
penambahan rantai dan roda gigi membuat sepeda lebih mudah dikendari.rantai memungkinkan pedal diletakan dibawah sadel (tempat duduk),bukannya di roda depan;sedangkan roda gigi memungkinkan orang mengendarai sepeda dengan laju berbeda saat mengayuhnya secar normal.
fakta tentang paten


  • penemu biasanya mendaftarkan paten sebagai perlindungan terhadap ide mereka.
  • paten ialah dokumen sah yang melarang orang lain menjiplak atau menggunakan ide penemu.
  • kata"paten" berasal dari bahasa latin,litterae patente,yang berarti "surat terbuka".
bahan baru pada awalnya,kerangka sepeda dibuat dari kayu dan besi,sangat tidak praktis.kerangka baja ringan diperkenalkan pada tahun 1890-an,sedangkan bahan komposit yang kuat mulai banyak digunakan akhir-akhir ini.
MENGAPA ORANG MENEMUKAN ?
orang menemukan hal baru karena berbagai alasan.beberapa penemuan terjadi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia,sedangkan lainnya untuk memenuhi keinginan berkreasi.banyak penemuan bersumber dari alasan sosial atau ekonomi;dengan kata lain,dari keinginan untuk membuat hidup lebih mudah dan lebih nyaman atau keinginan untuk mencari uang.
PENEMUHAN KEBUTUHAN EKONOMI
mencari uang dapat menjadi suatu kekuatan pendorong untuk menciptakan sesuatu,memperbolehkan perseorangan,perusahan atau negara bersaing.sebagai contoh,pada tahun-tahun awal pembuatan tekstil,serangkaian penemuan membuat roda industri terus bergulir.
puntulan terbang 
menenun menjadi lebih mudah sesudah seorang inggris,john jay menemukan puntalan terbang pada tahun 1733.puntalan digerakkan sepanjang mesin pemintal dengan laju tinggi,sambil mengait benang.
rangka pemutar
penemuan puntulan terbang menyebabkan benang yang digulung.untuk mengatasi masalah ini,berbagai penemu marancang mesin penggulung benang.mesin seperti itu disebut rangka pemutaran,yang dibuat oleh richard arkwright tahun 1769.

tenaga uap
penggulung benang dengan mesin menghasilkan kelebihan benang yang tidak dapat ditenun dengan cepat.kebutuhan ini terjawab pada tahun 1787 ketika edmund cartwirght pada tahun1787 membuat mesin tenun tenaga uap yang pertama.

mesin pemisah biji kapas
sementara itu,di amerika serikat,kebutuhan akan kapas mentah menigkat.pada tahun 1792,eli whitney menemukan mesin pemisah biji kapas ,yang memisahkan kapas dan bijinya dengan laju tinggi.akibatnya,produksi kapas meningkat pesat.

PEMENUHAN KEBUTUHAN SOSIAL
selama ratusan tahun ,penemuan diilhami oleh kebutuhan manusia akan kenyaman,keamanan ,kebersihan ,dan kesehatan.akhir-akhir ini,peralatan yang membuat hidup lebih mudah dan mewah sangat populer .apapun alasan kresi mereka ,sejumalah penemuan mempunyai dampak yang besar terhadap kehidupan kita,dan kehidupan kita akan berbeda tanpa penemuan tersebut.








































Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar

 
HEAD LINE NEWS Sidik mantok | zeoniniz.blogspot.com. | SILAHKAN GANTI DENGAN TEXT ANDA